Aglaonema

rimbun fix

Aglaonema nama Latinnya. Sri Rejeki nama Indonesianya. Dari namanya seolah tanaman ini sebagai satu keberuntungan (pembawa rejeki). K0n0n kabarnya, semakin jelas warna yang muncul di daun maka akan semakin mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Dan warna kuning atau emas, dipercaya paling ngrejekeni (hoki). Benar tidaknya bukan urusan saya, karena tujuan mengkoleksi  tanaman hias ini tak berkaitan dengan  alasan diluar nalar tersebut.

Saya jatuh cinta dengan Chinese Evergreen (nama lain Aglaonema) karena warna-warni daunnya yang indah. Di kalangan pecinta tanaman hias, Aglaonema masih tetap populer sampai saat ini. Meski tidak seheboh Gelombang Cinta yang fenomenal, dengan alasan estetika tanaman hias ini tetap dicari berbagai species barunya . Demikian pula dengan saya.

Perawatan yang mudah menjadi satu alasan lainnya. Habitat asli di bawah hutan hujan tropis menjadikan tanaman ini tidak memerlukan intensitas cahaya yang tinggi. Tak heran di Indonesia bisa berkembang biak dengan baik karena memiliki cuaca dengan kelembaban yang tinggi. Berdasar info tersebut maka aglaonema saya tempatkan di taman belakang disamping kolam air mancur.

Keputusan saya berbuah manis karena mereka tumbuh dengan subur, indah dan rimbun. Meski awalnya saya hanya coba-coba merawat (otodidak) tanpa tahu tips dan triknya sama sekali. Belinyapun dari abang penjual tanaman pinggir jalan tanpa pilih-pilih jenisnya. Namun mang Ucup tukang kebun di rumah nyelutuk bahwa saya cukup bertangan dingin. Ditambah lingkungan rumah Tangsel khususnya Rempoa punya cuaca yang cukup mendukung.

stripstease n solid red anjamani fix

Kini saya punya beberapa jenis Aglaonema dengan penampilan menarik hati. Ada beberapa warna, bentuk, dan ukuran daun yang bisa anda lihat disini. Tak heran beberapa sahabat dan karib sayapun mulai merengek tuk bisa memiliki sejumput koleksi tersebut. Tentu saya menolak karena Aglaonema perlu waktu perawatan beberapa bulan agar tumbuh subur dan indah.

Sebagai pengobat kecewa, maka saya mulai membudi dayakan beberapa jenis Aglaonema yang bisa dimiliki/dibeli oleh orang lain. Tujuannya bukan bersaing dengan penjual tanaman profesional, tapi untuk penyaluran hobby, menjaga koneksi/hubungan sosial dengan teman-teman, saudara/handai taulan serta masyarakat pecinta lingkungan hijau. Sooooo temansss….enjoyyyyy  yaaa…. 🙂

kolam aglaonema tayang

Rempoa, 3 Agustus 2016
~DH~

 

Leave a Reply

